Minggu, 18 Juni 2017

seni rupa

Pelajaran 1
APRESIASI SENI RUPA TERAPAN DAERAH SETEMPAT

A.    Pengetian Apresiasi Seni Rupa
Kata apresiasi secara etimologi bersasal dari bahasa latin, yaitu appretiatus yang artinya “memberi putusan dengan rasa hormat sebagai cara untuk menghargai suatu keindahan karya seni”. Adapun dalam kamus umum Inggris-Indonesia to apreciate artinya “menghargai” dan appreciation artinya”penghargaan”. Dengan demikian mengapresiasi seni artinya berusaha mengerti tentang seni dan menjadi peka terhadap unsur didalamnya sehingga secara sadar mampu menikmati dan pada akhirnya dapat menilai karya seni dengan baik.

B.     Pembagian Seni.
Dalam proses penciptaan karya seni, seorang seniman selalu berhubungan dengan media yang dipilihnya, teknik yang dipergunakan, serta cara menikmatinya. Berdasar hal tersebut, seni dapat dibagi menjadi :
1.         Seni Audio (Auditory Art) : Seni yang dapat dinikmati dengan indera pendengaran (telinga). Contohnya :
a.    Seni musik, seni yang dapat dinikmati melalui nada. Misalnya, pertunjukan, gamelan atau piano.
b.    Seni sastra, seni yang dinikmati melalui kata, misalnya, pembacaan puisi atau drama.
c.    Seni suara, seni yang dapat dinikmati melalui nada dan kata, misalnya, pertunjukan band.
2.         Seni Visual (Visual Art) : Seni yang dapat dinikmati dengan indera penglihatan (mata). Contohnya :
a.    Seni dua dimensi yang meliputi garis, cahaya, warna, bentuk, dan gerak. Misalnya, seni lukis, seni grafis, sinematografi
b.    Seni tiga dimensi yang meliputi ruang dan wujud yang bisa dicoba. Misalnya, seni patung, seni arsitektur, seni tari, dan pantomim
3.         Seni Audiovisual (Auditory Visual Art) : Seni yang dapat dinikmati oleh indera pendengaran dan penglihatan.  Contohnya :
a.    Seni tari merupakan perpaduan gerak dan nada
b.    Seni drama merupakan perpaduan gerak, kata dan visual
c.    Seni opera merupakan perpaduan gerak, nada, dan visual.

Pembagian seni secara umum berdasarkan penikmatannya dapat dibagi menjadi 5 cabang, yaitu :
1.         Seni Rupa : Seni yang dapat dinikmati dengan indera penglihatan (visual) dan peraba. Seni rupa memanfaatkan unsur garis, bidang, warna, tekstur, dan volume. Contoh hasil karya seni rupa adalah : lukisan, kaligrafi, poster, reklame, spanduk, patung, diorama, kursi, meja, seni grafis, dan seni kerajinan.
2.         Seni Musik : Seni yang dapat dinikmati dengan indera pendengaran (audio) yang dibentuk dari unsur nada dan bunyi dalam alat musik, suara manusia (vokal), atau gabungan keduanya.
3.         Seni Tari : Seni yang diwujudkan melalui gerak, ruang, waktu, irama, wirasa, wiraga, dan susunan unsur gerakan anggota tubuh secara teratur dan menurut pola pola tertentu sehingga menimbulkan gerakan yang indah mempesona. Karya seni ini dapat dinikmati dengan indra penghlihatan dan indra pendengaran (audio visual).
4.         Seni Teater : Seni yang memadukan unsur gerakan dan kata. Biasanya dalam teater terdapat naskah, penokohan, latar tempat, dan alat pengiring. Seni teater dapat dinikmati dengan indra penglihatan dan pendengaran (audiovisual). Contoh teater terkenak adalah teater koma.
5.         Seni Sastra : Seni yang mengungkapkan pengalaman jiwa dan perasaan dalam bentuk bahasa, tulisan, dan kalimat yang mengandung nilai estestis untuk mendapatkan kepuasan rohaniah. Bentuk karya sastra dapat berupa prosa (struktur bahasanya bebas), puisi (struktur bahasanya terikat/berima), dan drama (struktur bahanya disusun dalam bentuk lakon atau cerita).


C.     Pengelompokan Seni Rupa.
Seni rupa dapat dikelompokan berdasarkan ukuran sebuah karya, baik teknik, bahan, maupun kegunaannya. Secara garis besar, seni rupa dikelompokan menjadi seni murni dan seni terapan :
1.         Seni Murni (Fine Art/Pure Art) : Karya seni rupa yang diciptakan dengan lebih mengutamakan unsur ekspresi jiwa pembuatnya (seniman) tanpa mencampu adukannya dengan fungsi atau kegunakan tertentu. Seni murni diciptakan khusus untuk dinikmati segi estetik dan artistiknya. Kelompok seni ini terdiri atas :
a.    Seni Lukis : Karya seni rupa yang berwujud dua dimensi.
b.    Seni Patung : Karya seni yang berwujud tiga dimensi
2.         Seni Pakai (Applied Art) : Karya seni rupa lebih mengutamakan fungsi tertentu, tanpa melepas aspek estestis. Contohnya, seni dekorasi, reklame, ilustrasi, kerajinan/kriya, arsitektur, keramik, batik, dan grafika (cetak mencetak)
a.    Seni Grafis : Karya seni rupa terapan berwujud dua dimensi yang berkaitan dengan cetak-mencetak.
b.    Seni Keramik : Karya seni rupa terapan berwujud tiga dimensi. Keramik adalah benda yang terbuat dari tanah liat dan mengalami proses pembakaran pada tingkat suhu tertentu. Searah perkembangan lebih maju bahan keramik sudah beragam antara lain, stoneware, earthenware, kaolin, dan silika.
c.    Desain Produk : Karya seni rupa terapan berwujud tiga dimensi. Hasil karya ini untuk peralatan dan benda kehidupan sehari-hari seperti perabotan/peralatan rumah tangga, pakaian, alat tulis, sepatu, dan perhiasan
d.   Desain Arsitektur : Karya seni rupa terapan berwujud tiga dimensi. Hasil karya seni ini  dapat dilihat dati beragamnya bentuk bangunan disekitarmu. Misalnya, rumah, sekolah, masjid, dan gedung perkantoran, dan gedung lainya.

Menurut dimensi (matra), seni rupa terbagi ats karya seni dua dimensi dan seni tiga dimensi :
a.    Seni Rupa Dua Dimensi (Dwimatra) : Karya seni rupa yang terbentuk dari unsur panjang dan lebar. Contohnya : karya seni lukis, seni grafis, spanduk, poster, stiker, batik, mozaik, relief, lukisan kaca, dan sablon
b.    Seni Rupa Tiga Dimensi (Trimatra) : Karya seni rupa mempunyai tiga unsur, yaitu panjang, lebar, tinggi serta memiliki kesan ruang, bentuk, dan volume. Contohnya, seni patung, seni arsitektur, seni kriya/kerajinan, seni keramik, diorama, bonsai, dan seni mengatur taman.

D.    Fungsi dan Tujuan Seni
Berdasarkan fungsinya sebagai pemenuh kebutuhan, seni terbagi menjadi dua kelompok, yaitu :
1.         Fungsi Individual : Karya seni merupakan ungkapan jiwa atau emosi pembuatnya yang mencerminkan sesuatu baik, suka, duka, sedih, marah, bahagia, cita-cita, pikiran, perasaan, pandangan hidup, watak, bentuk, corak, warna, bahan, dan teknik yang dikuasai. Fungsi seni secara pribadi disini lebih mengedepankan seni sebagai alat ekspresi untuk mencurahkan ide dan gagasan sesorang lewat sebuah karya. Karya ini bersifat pribadi.
Fungsi seni bagi manusia yang bersifat individual dapat dibedakan menjadi dua, yaitu :
a.    Fisik : berhubungan dengan pemenuhan dengan pemenuhan kebutuhan fisik manusia, baik yang dipakai langsung maupun sebagai pelengkap aktivitasnya. Misalnya, pakaian, perabot (meja, kursi, lemari), rumah sebagai tempat tinggal, kerajinan, perhiasan, alat komunikasi, sepatu, dan tas.
b.    Emosional : berhubungan dengan ekspresi seniman (pengubah) dan apresaitor (penikmat konsumen). Contohnya, lukisan, novel, musik, film, pementasan teater/drama, dan patung.
2.         Fungsi Sosial : Seni diciptakan untuk dinikmati oleh orang lain, publik atau masyarakat pada umumnya. Seorang seniman dapat mengatakan bahwa ia berkarya untuk dirinya sendiri. Namun, sebenarnya tanpa disadari mereka membutuhkan apresiator, yaitu masyarakat untuk menilai menikmati dan mengagumi hasil karya seni yang telah dibuat.


 Adapun karya seni dapat berfungsi sosial terdapat dalam bidang-bidang sebagai berikut :
a.       Pendidikan : Seni sering dimanfaatkan untuk dunia pendidikan untuk membantu mempermudah penyampaian pesan, baik berupa gambar (visual) maupun suara (audio) atau keduanya. Contohnya, film ilmiah, gambar ilustrasi buku pelajaran, poster ilmiah, dan foto
b.      Rekreasi : Seni dalam hal rekreasi mempunyai bentuk yang mampu menciptakan suatu kondisi tertentu yang bersifat penyegaran dan pembaharuan dari kondisi yang telah ada. Misalnya, saat kamu menyaksikan pertunjukan drama/teater, konser musik, film, menikmati taman rekreasi, atau berlibur ke pantai.
c.       Komunikasi : Seni dapat digunakan sebagai media untuk menghubungkan atau berhubungan antara seseorang dengan orang lain atau masyrakat. Bentuknya bisa berupa anjuran, pesan, gagasan, produk, perintah, atau larangan. Jenis tampilanya bisa berupa handphone (HP), TV, poster, reklame, internet, baligo, dan radio.
d.      Keagamaan/Religi : Seni dalam bidang keagamaan  bisa menandakan atau mengidentifikasikan kekhasan serta ciri khas dari agama. Contohnya arsitektur masjid, gereja, makam, candi, kaligrafi, bentuk dekorasi rumah ibadah, dan pakaian ibadah.

E.     Keunikan Gagasan dan teknik Karya Seni Rupa Daerah Setempat.
            Karya seni rupa terapan suatu daerah dapat kamu lihat dalam beragam bentuk, seperti seni bangunan, pakaian adat, wayang, batik, dan alat-alat rumah tangga. Karya seni yang dihasilkan tersebut juga memiliki keunikan tema, benruk, dan juga makna.
1.    Keunikan Tema : Tema atau topik yang digunakan untuk membuat karya seni banyak dipengaruhi oleh letak geografis, adat istiadat, dan kekayaan alam daerah dimana benda tersebut dibuat.
2.    Keunikan Bentuk : Bentuk merupakan unsur seni rupa yang dapat dilihat secara visual karena tersusun atas unsur fisik. Secara garis besar, bentuk karya seni rupa digolongkan kedalam tiga jenis, yaitu, bentuk figurative, abstraktif, dan abstrak.
a.    Bentuk Figuratif : bentuk yang berasal dari alam (nature) Lahirnya bentuk figuratif tergantung pada pemikiran seseorang tentang bentuk tersebut. Contohnya bentuk pada gambar manusia, hewan, tumbuhan, dan benda
b.    Bentuk Abstraktif : bentuk yang diubah sedemikian rupa sehingga beberapa bagian dari bentuk asalnya menghilang dan bentuknya berubah menjadi yang sudah digayakan. Contohnya, pada batik, topeng, wayang kulit/golek, dan dekorasi.
c.    Bentuk Abstrak : bentuk yang menyimpang dari wujud benda-benda atau mahkluk yang ada di alam (non figuratif). Karya abstrak adalah karya yang telah mengalami proses eksplorasi bentuk lebih lanjut dari bentuk yang biasa kita lihat sehingga idenya lebih tinggi.
3.    Keunikan Makna : Makna yang terkandung dalam sebuah karya seni merupakan representasi seorang seniman dalam melihat hal yang akan ditawarkan kepada dunia luar, yaitu penikmat, public, atau masyrakat umum. Seorang kolektor atau penikmat dalam sebuah pameran tentunya akan bertanya tentang makna yang terkandung dalam karya-karya yang dipamerkan. Hal itu merupakan bagian dari komunikasi antara penikmat dan karya seni sehingga akan muncul pemahaman dalam diri penikmat seni tersebut.













Pelajaran 2
EKSPRESI SENI RUPA TERAPAN DAERAH SETEMPAT

A.    Menggambar Bentuk
1.    Apa gambar bentuk itu? Menggambar bentuk adalah : adalah suatu kegiatan menggambar benda sesuai dengan sifat dan karakternya dengan cara memindahkan suatu objek kepada bidang datar (dua dimensi) dengan menggunakan unsur garis, warna, bidang, tekstur, dan gelap terang sehingga hasilnya merupakan potret dari apa yang kamu lihat (visual realistis)

2.    Macam-macam bentuk :
a.    Bentuk Kubistis : bentuk yang menyerupai kubus atau balok, antara lain televise, lemari, meja, kulkas dan mesin cuci.
b.    Bentuk Piramid dan kerucut : bentuk benda yang menyerupai limas. Contohnya, pyramid di Mesir.
c.    Bentuk Silindris : bentuk yang menyerupai tabung atau silinder. Contohnya gelas, ember dan toples.
d.   Bentuk bola atau bulat : bentuk benda yang menyerupai bola, bundar dan bagian dalamnya terkesan berisi(pejal). Contohnya bola, semangka, dan globe
e.    Bentuk bebas dan tak beraturan : bentuk benda yang tidak memiliki keteraturan atau lepas dari bentuk geometris. Contohnya, binatang, tas, sepatu, pakaian, dan buah buahan.

3.    Alat dan Media Menggambar bentuk.
Sebelum menggambar bentuk sebaiknya kamu mempersiapkan Alat dan media gambar bentuk yang diperlukan, antara lain :
a. Bidang gambar :Kertas gambar, merupakan bahan utama menggambar bentuk. Kertas gamnbar untuk menggambar bentuk sebaiknya bertekstur kasar dan tidak licin.
b. Pensil : Pensil terbagi menjadi 3 jenis, antara lain :
                                            i.     Pensil bertanda H (Hard) pensil keras mulai dari H, 2H, 3H,….HHHH, cocok untuk menggambar teknik bagi perancang bangunan(arsitek).
                                          ii.     Pensil bertanda HB (Hard Bold) dan F pensil sedang.
                                        iii.     Pensil bertanda B (Bold) warnanya hitam/pekat, Pensil lunak mulai dari B, 2B, 3B, 4B…..BB. Pensil ini cocok untuk menggambar bentuk.
c. Pensil Warna : bentuknya hamper mirip dengan pensil hitam, hanya isinya saja yang berwarna.
d.Pastel : terbuat dari sejenis kapur yang mengandung minyak dan pewarna serta memiliki sifat yang lembut (soft). Warna yang dihasilkan lebih terang dan ekspresif.
e. Krayon : media yang sejenis dengan pastel yang terbuat dari pewarna dan lilin. Pewarna ini memiliki sifat yang lebih keras dari pastel dan licin apabiladigoreskan pada permukaan kertas. Sebaiknay krayon digunakan pada permukaan kertas yang memiliki tekstur kasar.
f.  Cat air : cat air (wates colour) mempunyai karakter transparan (tembus pandang). Warna yang digoreskan terlebih dahulutidak dapat ditutup dengan warna lain diatasnya karena akan bercampur. Penggunaanya biasanya dengan teknik aquarel.
g. Cat poster : cat poster atau cat plakat memiliki sifat opaque (menutup), yaitu warna yang dipulaskan lebih dahulu bias ditutup oleh warna berikutnya. Penggunaanya biasanya teknik blok rata.
h. Tinta Bak : biasa disebut tinta china yang memilik warna hitam pekat cocok digunakan menggambar teknik siluet (gambar blok) atau menggambar skets.
i.   Pewarna Alam : adalah jenis pewarna yang diambil langsung dari alam dengan cara mengolah sedemikian rupa dengan cara tertentu, seperti kunyit menghasilkan warna kuning, getah angsana menghasilkan warna merah darah, daun suji menghasilkan warna hijau, pohon nila yang menghasilkan warna biru keungu-unguan.
j.   Pewarna Kue (Esens/Gincu) : pewarna ini sudah tersedia di took kimia atau kue, berbentuk serbuk atau cairan yang tersimpan dalam botol-botol kecil atau sachet.



k. Palet : alat yang digunakan untuk mencampur cat. Bentuknya bervariasi dan biasanya terbuatdari plastic atau kayu (triplek).
l.   Kuas : untuk menggoreskan warna yang berbentuk kuas lancip dan datar. Penggunaan kuas disesuaikan dengan media cat yang digunakan. Kuas yang bentuk lancip dan bulunya halus dan bernomor 1 s.d 12 dipakai untuk bahan cat air. Adapun kuas berbulu rata dan kasar dipergunakan untuk melukis di atas kanvas.

4.     Latihan Menggambar Bentuk.
Latihan menggambar bentuk sama menggambar lainya, kamu dapat memulai dengan latihan latihan dasar. Dalam menggambar bentuk ada beberapa teknik yang harus kamu kuasai. yaitu:
a.    Teknik Perspektif : digunakan untuk menggambar benda sehingga tampak wajar, sesuai dengan pandangan mata. Teknik ini berhubungan peletakan garis horizon, letak benda, dan jumlah titik hilang. Bias 1 titik hilan dan 2 titik hilang.

                        Contoh 1 titik hilang.
Perspektif biasa : gambar perspektif yang garis horizonnya setinggi mata orang berdiri normal, melihat.
Description: D:\smp 1 wates\foto kegiatan\17 2012\DSC03350.JPG
 



                                                                                 TH                TH
GH



Contoh 2 titik hilang.
Perspektif dua titik hilang : Garis garis pada semua bagian didalam gambar akan bertemu di dua  titik hilang, kecuali untuk garis garis vertikal dan horizon.
 



TH  1                                                        GH                                                                                                          
                                                                                                                                  TH 2








b.    Teknik Sketsa : Gambar dasar, pola, atau rencana dari pembuatan sebuah gambar.
Contoh gambar :





Description: D:\smp 1 wates\karya seni dan video seni rupa\Sketsa\_SAM3735.JPG 









c.       Teknik siluet (silhouette) : disebut teknik global atau teknik bayangan, yaitusalah satu teknik pembuatan gambar dengan cara menggambar secara keseluruhan dari suatu benda dalam bentuk bidang dengan cara dihitamkan (teknik arsir blok hitam) seperti gambar bayangan.
d.      Teknik Komposisi : menggambar bentuk untuk menyusunsuatu benda dengan benda lainnya agar susunan selaras, seimbang dan memenuhi tuntutan segi artistik, contohnya :





Description: D:\smp 1 wates\karya seni dan video seni rupa\gambar bentuk\IMG_0026.JPG 







e.       Teknik Pencahayaan : berfungsi untuk mendapatkan kesan tiga dimensi dari objek yang digambar. Adanya penyinaran danpencahayaan menimbulkan gelap terangdan batas batas antara gelap terang menimbulkan gelap terang yang menyebabkan ilusi garis, contohnya :






Description: D:\smp 1 wates\karya seni dan video seni rupa\gambar bentuk\IMG_3794.jpg 








5.    Mari Menggambar Bentuk.
Langkah yang harus diperhatikan dalam menggambar bentuk :
·      Tentukan benda yang akan digambar, contohnya kotak mainan, kotak pensil, dan kotak kapur
·      Taruhlah benda tersebut diatas meja datar, sesuaikan komposisinya yang diinginkan berdasarkan bentuk dan ukuranya
·      Amatilah benda tersenut dengan seksama, seolah benda benda tersebut diatas buku gambar.
·      Gambarlah objek jangan terlalu kecil atau besar disesuaikan dengan ukuran kertas.
·      Buatlah sketsa dengan tarikan garis sejajar tipis tipis sebagai kerangka bentuk. Ushakan goresan spontan jangan terlalu sering, hindari penghapusan yang berlebihan dan berulang-ulang supaya kertas tidak kotor dan rusak
·      Gambarlah bentuk secara keseluruhan/global (garis besarnya) sesuai dengan bentuk aslinya., jangan sekali membuat bentuk detail sebelum bentuk dasar selesai.
·      Sesuaikan kaidah perspektif (dimana titik hilangnya), dari mana arah cahaya untuk menentukan bagian mana terang dan bagian mana yang gelap.
·      Setelah garis kontur benda selesai, arsirlah dengan menggunakan pensil 2B atau 3B atau 4B, perhatikan bagian yang gelap maka bagian itu yang harus diberikan arsir lebih hitam, adapu bagian yang terang diarsir tipis atau dibiarkan putih.
·      Berilah bayangan pada meja atau benda sebagaui background. Supaya tampak alami dan sesuai dengan benda, arsir permukaan disesuaikan dengan karakteristik bahan benda.






B.     Merancang Karya Seni Kriya.
Seni terapan biasa disebut juga seni kriya. Hasil karya seni terapan atau seni kriya sangat beragam.
1.    Seni hias, menurut jenisnya seni ragam hias terdiri atas dua jenis, yaitu ragam hias tunggal artinya komponen dari motif-motif hiasan tersebut benrdiri sendiri. Ragam hias sambung adalah ragam hias antara komponen satu dengan yang lainya selalu bersambung dan berhubungan erat, yang seolah-olah menjadi untaian yang utuh. Berikut beberapa jenis motif :
a.    Motif pilin : motif yang terbentuk dari huruf dasar “S” atau setengah lingkaran. Contohnya, gambar motif pada rumah Toraja
b.    Motif kait/kunci, yaitu motif yang dianggap sebagai kaki swastika atau kait pada meander. Contohnya, hiasan tenunan dari Kalimantan Tengah
c.     Motif meander : motif yang berbentuk dari huruf “T” dengan susunan bolak-balik berrsambung.
d.    Motif tumpal : yaitu bentuk yang berbentuk dari dasar segitiga sama kaki, berfungsi untuk hiasan pinggir seperti motif hias sarung Jawa Timur.
e.    Motif swastika : yaitu motif yang dilator belakangi kebudayaan dan kebercayaan Tiongkok.
f.      Motif awan : mitif yang dilator belakangi kebudayaan dan kepercayaan Tiongkok berupa gulungan awan.
2.    Seni Patung, bentuk patung pada umumnya dibuat tunggal berbentuk tiga dimensi, pada jaman dahulu berfungsi sebagai bentuk perwujudan dewa-dewi.
3.    Seni Anyaman, merupakan seni yang erat hubunganya dengan aktivitas keseharian penduduk Nusantara, Bahan-bahan yang dipergunakan untuk menganyam relative sederhana dan mudah ditemukan di wilayah Nusantara, misalnya rotan, daun tal (palmyra), gebang (corphya) yang ditemukan di Nusa Tenggara Timur, ilalang, daun kelapa, daun lontar, bambu, dan tali.

C.     Berkarya Batik Ikat Celup.
Pada umumnya ragam hias pada kain mengambil bentuk geometris dan nongeometris.
a.    Geometris : adalah bentuk yang menyerupai bentuk ilmu ukur seperti segiempat, lingkaran, atau segitiga.
b.    Nongeometris : motif flora dan fauna serta bentuk lainnya seperti batu dan awan.
Prinsip utama dalam proses membatik adalah tutup celup, maksudnya bagian tertentu pada kain ditutup dengan bahan lilin/malam. Dapat menggunakan canting, jika membuat batik tulis, menggunakan kuas jika membuat batik lukis, dan menggunakan cetakan cetakan jika kamu membuat batik printing. Kamu bisa menggunakan karet atau tali rapia sebagai pengikat atau perintangnya.

















Pelajaran 3
MENGAPRESIASI SENI KRIYA GERABAH


A.    Seni Kriya Gerabah
Gerabah merupakan salah satu hasil dari seni terapan, Seni yang hasilnya memiliki memiliki fungsi dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Sebagai contoh, gerabah memiliki fungsi sebagai perkakas atau alat-alay rumah tangga. Gerabah terbuat dari tanah liat yang kemudian dibakar dengan suhu tertentu.

Berikut ini beberapa hasil seni gerabah yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia beserta fungsinya :
1.    Kendi : sebagai tempat menyimpan air minum
2.    Periuk : sebagai alat menanak nasi
3.    Belangga :sebagai alat untuk memasak sayur
4.    Tempayan : sebagai alat untuk menyimpan beras atau air
5.    Angl : sebagi alat untuk memasak (serupa dengan kompor)
6.    Celengan : sebagai tempat untuk menyimpan uang.

B.     Teknik Pembuatan Gerabah.
Bahan dasar gerabah adalah tanah liat. Peralatan yang digunakan untuk membuat gerabah, antara lain : pisau cukil yang terbuat dari kayu/bamboo, sudip yang terbuat dari kawat,butsir dengan tangkai kayu, tali pemotong, meja putar, kayu salab atau kayu rol penggilas, dan pisau.

Teknik yang biasanya membuat benda dari tanah liat diperlukan teknik-teknik tertentu, antara lain :
1.    Teknik Lempeng (Slabing) : membuat benda gerabah berbentuk kubistis dengan permukaan rata. Teknik ini diawali dengan pembuatan lempengan tanah liat dengan menggunakan rol kayu penggilas. Setelah menjadi lempengan dengan ketebalan yang sama, kemudian dipotong dengan pisau atau kawat sesuai ukuran yang diinginkan.
2.    Teknik Pijat (Pinching) : membuat benda gerabah dengan cara memijat tanah liat langsung menggunakan tangan, tujuannya agar tanah liat lebih padat tidak mudah mengelupas sehingga hasilnya akan tahan lama, proses pijat sebagai berikut :
a.    Ambil segumpal tanah liat.
b.    Tanah liat tersebut diulet-ulet dan dipijit dengan ibu jari sambil dibentuk sesuai dengan bentuk benda yang kamu inginkan.
c.    Haluskan menggunakan kuas atau kain halus.
3.    Teknik Pilin (Coiling) : membentuk tanah liat dengan cara dipilin atau dibentuk seperti tali. Tanah liat tersebut setelah dipilin disusun melingkar dari bawah keatas sehingga menjadi bentuk yang kamu inginkan.
4.    Teknik Putar (Throwing) : membuat gerabah dengan cara teknik putar, membutuhkan alat bantu berupa subang pelarik atau alat putar elektrik.
5.    Teknik Cetak Tekan (Press) : menbuat gerabah dengan cara menekan tanah liat yang bentuknya disesuaikan cetakan.
6.    Teknik Cor tau Tuang : membuat gerabah dengan cara menggunakan acuan alat cetak. Tanah liat untuk teknik ini adalah menggunakan tanah liat cair. Cetakan bias terbuat dari gips dan silicon.

C.    Pembakaran Keramik.
Tahap akhir dari proses pembuatan adalah pembakaran. Membakar tanah liat tidaklah mudah, dan dibutuhkan teknik dan media yang tepat. Pertama-tama benda gerabah yang telah selesai dibuat harus dikeringkan terlebih dahulu, Pengeringan cukup sederhana yaitu cukup disimpan di atas rak tebuka dan diangin-anginkan beberapa hari hingga kering. Setelah kering betul barulah gerabah mulai dibakar dengan cara langsung atau menggunakan alat lain tungku(oven/klin).








Berdasar suhu bakarnya gerabah/keramik digolonkan menjadi tiga macam, yaitu sebagai berikut :
1.    Earthenware : jenis keramik yang memiliki suhu matang antara 900-1100 derajat C. Jenis ini memiliki daya serap 10-5%
2.    Stoneware : jenis keramik yang memiliki suhu matang antara 1200 derajat C. Jenis ini memiliki daya serap 2-5% dan memiliki kekerasan seperti halnya batu
3.    Porselen :  jenis keramik yang memiliki suhu matang antara 1260 derajat C. Jenis ini memiliki daya serap 0-1% bahan ini digunakan untuk bahan industry bangunan mengingat kekerasan dan kestabilannya.

Berikut macam-macam tungku pembakaran keramik menurut bahan bakarnya :
1.    Tungku dengan bahan bakar listrik
2.    Tungku dengan bahan bakar minyak tanah
3.    Tungku dengan bahan bakar sekam, jerami, dan bamboo
4.    Tungku dengan bahan bakar gas.















































Pelajaran 4
MENGEKSPRESIKAN DIRI MELALUI GAMBAR BENTUK
DAN KERAMIK

A.    Menggambar Bentuk Silindris
1.      Pengertian Bentuk Silindris : benda yang memiliki bentuk dasar tabung dan lingkaran atau oval sebagai alasnya, tidak memiliki sudutdan lebih dinamis sehingga dalam penggambaranya dibutuhkan keluwesan dan ketrampilan khusus.
2.      Alat dan Media Menggambar Bentuk Silindris :
a.    Penggaris : penggaris yang memiliki bentuk dasar lengkung dan memiliki lubang ditengahnya.
b.    Penghapus : digunakan jika terjadi kesalahan dalam membuat goresan pensil. Selain menghapus yang salah ternyata penghapus bias digunakan untuk membuat efek tertentu pada gambar.
c.    Fiksatif : pelapis yang digunakan setelah gambar dianggap selesai, agar gambar tidak mudah luntur dan pudar saat terkena goresan (finishing), bahan tersebut warnanya bening dan transparan
3.      Teknik Menggambar Bentuk Silindris
a.    Arsir : pengulangan garis dengan tujuan mengisi bidang gambar yang kosong. Arsir memiliki fungsi sebagai berikut :
Ø Memberikan karakteer objek gambar
Ø Menberikan kesan bentuk dan volume benda
Ø Menberikan kesan jarak dan kedalaman pada benda
Ø Mengisi bidang kosong
Ø Hasil akhir gambar (finishing touch)
b.    Teknik Dusel (Dusseler) : teknik ini dapat dilakukan dengan cara menggoreskan (pensil lunak 4B keatas) pada bagian yang dikehendaki. Kemudian goresan tersebut digosok menggunakan tangan langsung atau bantuan media lain seperti tissue, kain, dan kuas. Karakter teknik ini tipis dan merata sehingga kadang hasilnya seperti diarsir.
Berikut cara melakukan teknik dusel :
ü Buatlah sketsa dengan pensil, kemudian arsirlah skets dengan pensil
ü Gosoklah bagian bagian yang telah diarsir
ü Hapuslah bagian yang terang (terkena cahaya) dengan bantuan penghapus.
ü Jadilah gambar bentuk dengan teknik dusel (gosok)
c.    Teknik Pointilis : teknik menggambar yang dilakukan dengan cara member titik-titik dengan pensil atau pena pada bagian benda dengan intensitas tertentu.Teknik tersebut juga dengan teknik raster.
d.   Teknik Aquarel : teknik menggambar menggunakan cat air (water colour) dengan sapuan warna yang tipis sehingga hasilnya tampak transparan atau tembus pandang.
e.    Teknik Plakat : Teknik menggambar dengan menggunakan bahan cat poster atau cat dengan sapuan warna yang tebal dan rata sehingga hasilnya pekat dan menutup.

B.     Membuat Benda Kriya
1.    Teknik Pilin : cara membuat benda dengan teknik ini adalah sebagai berikut :
§  Siapkan segumpal tanah liat, kemudian remas dengan tangan hingga cukup elastic.
§  Ambil air sedikit tanah liat, kemudian pilin menggunakan telapak tangan pada bagian datar sehingga membentuk bulatan kecil panjang. Ukuran berkisar 1, 5 cm.
§  Susunlah pilinan yang telah dibuat melingkar atau diasesuaikan dengan bentuk desain yang kamu inginkan.
§  Usahakan tiap susunan memiliki kerapian sama.
§  Haluskan menggunakan butsir
§  Jadilah karya kriya keramik dengan pilin.




2.    Teknik Lempengan : cara membuat kriya keramik teknik lempeng adalah sebagai berikut :
§  Siapkan tanah liat. Kemudian remas hingga rata.
§  Siapkan dua bilah kayu dengan ukuran dan ketebalan sama
§  Buatlah lempengan tanah liat mengunakan rol kayu penggilas di antara dua penampang kayu tadi.
§  Setelah jadi lempengan dengan ketebalan sama, potonglah sesuai dengan ukuran yang dikehendaki.
§  Selanjutnhya buatlah menjadi kotak persegi atau segitiga dengan menempelkan bagian lempengan
§  Setelah menempel, berilah hiasan dengan butsir dengan cara di toreh pada saat setengah kering
§  Jadilah karya seni kriya keramik teknik lempeng.

C.    Pameran Karya Seni rupa
Pameran merupakan kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok yang bertujuan untuk  mengkomunikasikan hasil karyanya kepada masyarakat. Pameran bisa dilaksanakan di dalam ruangan atau luar ruangan seperti di sekolah, gedung pertemuan, dan galeri.
Manfaat pameran yang dilakukan di sekolah, antara lain :
v Siswa dapat mengenal, membandingkan, dan menilai karya seni teman sekelas
v Siswa dapat termotivasi untuk berkarya
v Siswa dapat meningkatkan serta menumbuhkansikap apresiatif
v Siswa mendapatkan pengalaman berpameran
v Siswa belajar untuk bekerja bersama-sama
v Siswa belajar untuk bertanggung jawab atas usahanya sendiri.

Langkah awal persiapan pameran adalah membentuk  panitia pameran. Susunan panitia pameran adalah sebagai berikut :
v Pembimbing            : bertugas membimbing dan mengarahkan pameran
v Ketua Panitia          : bertanggung jawab atas penyelenggaraan pameran
v Wakil Ketua           : membantu ketua untuk memperlancar acara
v Sekretaris                : bertugas menangani administrasi
v Bendahara              : menagani bidang keunagan
v Seksi karya             : menyeleksi karya yang dipamerkan
v Seksi display           : memajang atau mengatur karya yang dipamerkan
v Seksi penjaga          : bertugas menjaga sekaligus guisde berlangsungnya pameran.

Setelah kepanitiaan terbentuk, langkah selanjutnya adalah sebagai berikut :
1.    Mempersiapkan karya : mengumpulkan seluruh karya yang akan dipamerkan baik dua dan tiga dimensi. Lalu buatlah keterangan karya berupa pembuat karya, judul, bahan dan media, ukuran serta tahun pembuatan.
2.    Menentukan dan mempersiapkan tempat pameran : ruang pameran harus aman, nyaman, strategis dan ditata sedemikian rupa. Penataan karya dan panel/sketsel harus diatur dengan baik untuk kelancaran masuk dan keluar pengunjung
3.    Menyiapkan publikasi dan dokumentasi : menyiapkan pemberitahuan kepada orang lain akan adannya pameran dengan cara membuat poster atau pamphlet sehingga teman-teman sekolahmu tahu akan berlangsungnya acara pameran. Kemudian dokumentasikan acara sangat penting, bias berupa catatan pengunjung, tulisan tanggapan, kritik atau saran pengunjung dan foto selama acara berlangsung.


DAFTAR PUSTAKA
Rahmat Suhernawan, Rizal Ardhya Nugraha. Seni Rupa untuk SMP/MTs kelas VII, VII dan IX, Jakarta 2010. Kementerian Pendidikan Nasional : CV. Adi Perkasa

Tim Abdi Guru, 2005. Kesenian Untuk SMP Kelas VIII. Buku Guru Sekolah menenengah Pertama. Jakarta:Erlangga





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TEORI GUJARAT – Teori Kedatangan Islam di Indonesia Gujarat  merupakan wilayah yang kini berada di negara India. Daerah Gujarat d...